Fakultas Bahasa dan Sastra

Logo UNSIQ
Fakultas Sastra dan Bahasa

Sejarah

Diantara ketujuh fakultas yang ada di Universitas Sains Al Qur-an adalah Fakultas Bahasa dan Sastra yang lahir pada tahun 2001 dengan SK Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional RI Nomor: 87/D/o/2001. Seperti halnya Universitas Sains Al Qur-an, Fakultas Bahasa dan Sastra merupakan perubahan nama dari Fakultas Sastra, perubahan tersebut terjadi karena adanya pemikiran untuk membuka dan mengembangkan prodi-prodi baru.

Saat ini dua program studi berada dibawah pengelolaan Fakultas Bahasa dan Sastra, yaitu program studi Sastra Inggris dan program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Program Studi Sastra Inggris yang berdiri pada tahun 2001 dengan SK Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional RI Nomor: 87/D/o/2001 merupakan program studi pertama yang dikelola oleh Fakultas Bahasa dan Sastra, kemudian pada tanggal 29 Desember 2017, penyelenggaraan program studi Pendidikan Bahasa Inggris disetujui dengan SK Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 730/KPT/I/2017 tentang Izin Pembukaan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Visi Fakultas Bahasa dan Sastra adalah, “Menjadi fakultas unggul di tingkat nasional pada tahun 2031 yang inovatif dalam bidang sastra, bahasa, dan pendidikan bahasa berdasarkan nilai-nilai humanis yang bersumber pada Al-Qur’an.” Dari visi fakultas kemudian dirumuskan visi keilmuan program studi Sastra Inggris yakni, “Mewujudkan program studi yang unggul dalam mengembangkan keilmuan bahasa dan sastra Inggris yang inovatif di tingkat nasional pada tahun 2031 berdasarkan nilai-nilai humanis yang bersumber pada Al-Qur’an.” Dan visi keilmuan program studi Pendidikan Bahasa Inggris, “Mewujudkan program studi yang unggul dalam mengembangkan keilmuan pendidikan bahasa Inggris dan penerapannya yang inovatif di tingkat nasional pada tahun 2031 berdasarkan nilai-nilai humanis yang bersumber pada Al-Qur’an.”

Program Studi Sastra Inggris saat ini telah melalui 3 (tiga) kali akreditasi dengan peringkat B pada tahun 2006, 2011, 2017 dan 2023, dengan No SK Akreditas BAN PT tarakhir 1122/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/S/III/2023 dengan predikat akreditasi B. Sedangkan bagi program studi Pendidikan Bahasa Inggris saat ini telah terakreditasi pada tanggal 4 Januari 2023 dengan NO SK LAMDIK 49/SK/LAMDIK/Ak/S/I/2023 dan memperoleh predikat BAIK.

Dalam hal tata kelola kelembagaan, struktur organisas Fakultas Bahasa dan Sastra periode 2021-2025, adalah sebagai berikut:

  1. Dekan: Atinia Hidayah., M.Hum
  2. Wakil Dekan: Ana Widiyanti., S.S., M.Hum,
  3. Ketua Program Sastra Inggris: Latifah Dwi Ariyani., S.S., M.Hum
  4. Katua Program Studi Pendikan Bahasa Inggris: Niken Kencono Ungu., M.Pd;
  5. Kepala Tata Usaha : Agus Rahmat

Fakultas Bahasa dan Sastra terus berusaha berbenah dan mengembangkan diri agar mampu menjadi fakultas yang bermanfaat bagi bangsa dan negara, dan mampu menghasilkan lulusan yang unggul, transformatif, berdaya saing, adaptif, dan berkarakter Pancasila. Oleh karena itu, saat ini Fakultas Bahasa dan Sastra telah menjalin kerjasama dengan berbagai instansi di dalam negeri dan luar negeri, baik instansi swasta maupun negeri. Kurikulum yang ada di tiap-tiap program studi juga selalu ditinjau kembali untuk disesuaikan dengan kebutuhan pasar dan perkembangan jaman. Fakultas Bahasa dan Sastra, siap berkompetisi dan berkolaborasi dalam meraih visi yang mulia.

Scroll to Top