In-House Training Bedah Kurikulum

Kurikulum, bagi sebuah program studi merupakan ruh yang menentukan karakteristik profil lulusan, oleh karena itu, sebuah kurikulum wajib dirancang dengan berbagai pertimbangan yang matang. Selain itu, kurikulum juga wajib dievaluasi agar senantiasa selaras dengan perkembangan jaman, visi keilmuan, dan kebutuhan masyarakat.

Dalam rangka memperkuat jati diri program studi dan profil lulusan, maka Fakultas Bahasa dan Sastra berinisiatif melaksanakan In House Trainning (IHT) Bedah Kurikulum MBKM dengan mengundang narasumber Ibu Dr. Meinarni Susilowati, M.Ed, dosen UIN Maulana Malik Ibrahim yang juga seorang Asesor BAN-PT/LAMDIK, dan Ketua LITA forum. Kegiatan IHT tersebut dilaksanakan pada tanggal 1 hingga 3 Februari 2023 bertempat di ruang rapat Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Sains Al Qur’an dengan peserta pimpinan dan dosen Program Studi Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris.

Kegiatan IHT Bedah Kurikulum MBKM di Fakultas Bahasa dan Sastra tidak hanya dilaksanakan untuk mereview kurikulum dua program studi, yaitu program studi Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris, akan tetapi, diawali dengan redesigning Visi Kelembagaan dan Visi Keilmuan. Hal tersebut dilakukan dengan pemikiran bahwa Visi Kelimuan merupakan pemandu arah dalam perumusan kurikulum. Kegiatan IHT Bedah Kurikulum MBKM merupakan Langkah awal yang diambil oleh Fakultas Bahasa dan Sastra sebelum melaksanakan rencana lebih lanjut terkait dengan usaha pengembangan program studi.

Kegiatan IHT Bedah Kurikulum MBKM dibuka oleh Wakil Rektor I Universitas Sains Al Qur’an bapak Dr. Ngarifin Sidik, M.Pd.I. Dalam sambutannya, Dr. Ngarifin Sidik, M.Pd.I. menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan IHT yang dilaksanakan di Fakultas Bahasa dan Sastra, beliau juga berharap agar para pimpinan dan dosen di lingkungan Fakultas Bahasa dan Sastra yang mengikuti kegiatan IHT dapat ‘mengosongkan cangkir’ sehingga dapat menyerap ilmu yang disampaikan oleh narasumber dengan baik sehingga hasilnya dapat bermanfaat bagi fakultas dan dosen.  Acara dilanjutkan dengan pemberian motivasi pra-IHT yang disampaikan oleh narasumber, Ibu Dr. Meinarni Susilowati. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa terimakasih dan rasa bahagianya kepada Fakultas Bahasa dan Sastra yang telah menggandeng beliau dalam kegiatan Bedah Kurikulum tersebut. Beliau berharap bahwa apa yang disampaikan dalam kegiatan tersebut nantinya dapat bermanfaat dan dapat menjawab apa yang dibutuhkan oleh Fakultas Bahasa dan Sastra. Ceremonial acara pra workshop ditutup dengan doa dan foto Bersama. Setelah doa dan foto bersama, kegiatan inti IHT dimulai dengan presentasi singkat dari narasumber tentang proses penyusunan kurikulum yang baik dan benar sesuai dengan amanat SN-DIKTI.

Pada hari pertama IHT, dibahas Visi Kelembagaan dan Visi Keilmuan, dilanjutkan dengan mereview profil lulusan dan CPL. Hari kedua IHT diawali dengan presentasi singkat narasumber tentang perumusan RPS, dilanjutkan dengan review RPS yang telah dimiliki program studi, dan praktik merancang beberapa RPS. Kegiatan IHT diakhiri dengan doa dan foto Bersama. Kegiatan IHT yang telah dilaksanakan dengan bimbingan Ibu Dr. Meinarni Susilowati, M.Ed., telah banyak memberikan ilmu, pengetahuan, pengalaman, dan juga inspirasi bagi pimpinan dan dosen di lingkungan Fakultas Bahasa dan Sastra untuk terus bersemangat dalam mengembangkan diri dan fakultas menuju fakultas yang unggul, inovatif, humanis, dan qur’ani.