Fakultas Bahasa dan Sastra UNSIQ Kuatkan Kerja Sama Dengan Faculty of International Studies, Prince of Songkla University, Thailand

UNSIQ terus menegaskan diri sebagai perguruan tinggi yang siap mendunia dengan Al-Qur’an. Hal ini dibuktikan dengan kunjungan akademik ke Faculty of International Studies, Prince of Songkla University (PSU), Phuket, Thailand, pada Rabu (06/9/2023).

Kunjungan akademik ini bertujuan untuk menjalin kerjasama antara kedua perguruan tinggi, yaitu meningkatkan program pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, short courses, kegiatan mahasiswa, dan penelitian bersama.

Delegasi UNSIQ mengikutsertakan Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS), Atinia Hidayah, S.S., M.Hum dan Ana Widiyanti, S.S., M.Hum. Turut hadir pula delegasi lainnya yang mewakili Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Sosial Politik, dan Program Pascasarjana.

Dalam kunjungan ini, para delegasi UNSIQ mengisi kuliah tamu dan menyampaikan beragam topik dengan tema “Indonesian Culture in Traditional Era: How Pesantren Traditional Lingers on Students’ Campus Life and the Community”, dan dihadiri 45 mahasiswa dan dosen Faculty of International Studies. Kuliah tamu yang dilaksanakan mencakup topik-topik yang bermuatan karakteristik unik UNSIQ yang berakar pada tradisi pesantren. Tujuannya adalah memberikan wawasan baru kepada mahasiswa Faculty of International Studies yang berpusat pada penawaran pendidikan yang mengintegrasikan nilai-nilai agama di berbagai program studinya.

Dalam kesempatan itu, Anitia Hidayah, S.S., M.Hum menyampaikan bahwa saat ini UNSIQ mengalami transformasi yang signifikan, khususnya dalam hal pilihan busana mahasiswa. Banyak mahasiswa khususnya Perempuan memberikan respon positif terhadap budaya internasional seperti gaya busana Korea dan Thailand. Mereka berpendapat bahwa budaya tersebut sejalan dengan ajaran Islam yaitu tentang pedoman berbusana muslim yang menekankan pada menutup aurat.

Sejalan dengan itu, Ana Widiyanti S.S., M.Hum menambahkan, gaya busana lain yang diadopsi mahasiswa UNSIQ juga berasal dari budaya Thailand. Gaun panjuang “abaya” Thailand adalah salah satu pilihan fesyen yang banyak dikenakan pelajar dalam kehidupan sehari-hari.